Monday, January 20, 2020

Konsep Marketing Mix 7P

Ini Dia Konsep Marketing Mix 7p Untuk Startupmu6 min read

Marketing Mix 7P adalah sebuah strategi untuk mengoptimalkan pemasaran yang kamu lakukan, DomaiNesians. Strategi ini terdiri dari 7 konsep, yaitu product, price, promotions, people, place, process dan physical evidence. Nah, apa saja penjelasan lengkap dari masing-masing “P” yang sudah disebutkan sebelumnya? Yuk kita bahas dibawah.

  1. Perbedaan Marketing Mix 7P dengan 4P 
·         Produk yang dipasarkan (product)
·         Harga produk / jasa (price)
·         Promosi (promosi)
·         Orang-orang didalamnya (people)
·         Tempat menjalankan bisnis (place)
·         Proses bisnis (process)
·         Bukti fisik (physical evidence)
  1. Menerapkan Marketing Mix 7P Pada Bisnis Online 

Perbedaan Marketing Mix 7P dengan 4P

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa marketing mix 7p memiliki 7 konsep. Berbeda dengan marketing mix 4p yang hanya memiliki empat konsep. Nah, konsep yang ada pada marketing mix 4p adalah; product, place, price dan promotion. Pada marketing mix 4p, DomaiNesians, hanya digunakan 4 konsep yang terkesan product oriented saja. Sedangkan dalam membangun startupmu baik jasa atau pun produk, perlu mempertimbangkan banyak faktor yang lebih bisa terbantu dengan marketing mix 7p. Berikut ini adalah apa saja yang termasuk di dalam marketing mix 7p dan contohnya.

Produk yang dipasarkan (product)

Berbicara soal startup selalu ada kaitanya dengan sebuah perusahaan rintisan baik yang menjual produk ataupun menjual jasa. Output dalam bentuk produk atau jasa inilah, yang dijadikan sumber pemasukan DomaiNesians. Oleh karenanya konsep produk dan jasa yang ditawarkan harus menarik untuk calon customernya.


Sebuah produk atau jasa akan mudah sekali dipasarkan dan laris apabila merupakan sebuah terobosan atau produk yang menyelesaikan masalah calon customer. Misalnya produk penumbuh rambut untuk masalah kebotakan, atau jasa treatment rambut untuk mengatasi permasalahan yang sama. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah tersebut, atau fitur-fitur yang tersedia dalam layanan tersebut harus dijabarkan dalam strategi pemasaran. Hal ini juga dapat menjadi bahan untuk membuat cerita atau mengemas pemasaran produk tersebut.
Beberapa yang bisa ditambahkan misalnya:
  • Kualitas produk
  • Foto produk
  • Fitur-fitur yang dimiliki
  • Ketersediaan
  • Garansi

Harga produk / jasa (price)

Harga produk atau jasa adalah bagian selanjutnya dari marketing mix 7p ini. Pada bagian ini, DomaiNesians perlu menjabarkan berapa harga yang sesuai untuk produk atau jasa nya. Selain harga produk juga besaran diskon yang ditawarkan, misalnya untuk periode waktu tertentu.


Harga bisa jadi salah satu “senjata utama” dalam pemasaran. Karena mungkin saja ada produk atau jasa serupa yang berani “banting harga” dan memenangkan persaingan. Nah, untuk melengkapi bagian ini DomaiNesians bisa menambahkan:


  • Menentukan harga berdasarkan positioning calon pembeli
  • Metode pembayaran yang bisa dilakukan, mengingat era sekarang yang telah terdapat banyak sekali metode pembayaran non-tunai
  • Freebies, atau produk gratis yang bisa ditawarkan dalam periode waktu tertentu

Promosi (promosi)


Promosi adalah cara untuk mempromosikan produk dan jasa agar bisa dikenal masyarakat dan tentunya terjual. Pada bagian ini DomaiNesians perlu menjabarkan cara-cara apa saja yang akan digunakan untuk memasarkan produk dan jasa milikmu. Menentukan tujuan dari promosi, apakah untuk mengenalkan produk saja, atau menjual produk, atau mengenalkan sekaligus menargetkan penjualan dalam jumlah tertentu dalam promosi tersebut.

Dapat juga ditambahkan hal-hal ini untuk melengkapinya:
  • Channel pemasaran yang akan digunakan, misalnya media sosial, Google, atau lainnya
  • Alat promosi misalnya banner dan brosur
  • Budget yang akan dikeluarkan dan target yang ingin dicapai dalam satu kali promosi

Tempat menjalankan bisnis (place)

Jika dahulu orang masih berebut untuk datang ke pasar pagi hari agar mendapatkan tempat paling strategis. Kini orang-orang saling berebut untuk mendapatkan posisi halaman satu pada Google. Setidaknya itu gambaran yang bisa dibayangkan DomaiNesians untuk mencermati bagian ini.
Dengan tempat yang strategis, maka akan mempermudah calon pembeli untuk mengenali jenis usaha yang dilakukan. Misalnya memilih lapak di pinggir jalan yang ramai, atau menggunakan Google Bisnis untuk lebih mempermudah calon pembeli online mengetahui lokasi secara langsung.
Dalam bagian ini, DomaiNesians setidaknya menjabarkan hal-hal berikut ini:

  • Lokasi untuk membuka toko atau kantor
  • Menyiapkan link Google bisnis untuk mempermudah pencarian
  • Membagikan peta untuk menuju ke lokasi pada media sosial
  • Memaksimalkan SEO dan SEM

No comments:

Post a Comment